unduh komptensi inti dan kompetensi dasar ilmu pengetahuan sosial (ips) sd/mi
KI dan KD kurikulum 2013 untuk mata pelajaran IPS di sekolah dasar dan madrasah ibtidaiyah (SD/MI) diberlakukan untuk kelas 4, 5, 6 tidak untuk kelas 1, 2, 3. Karena siswa kelas 1, 2, 3 masih belajar universal sedangkan untu mata pelajaran IPS ini sistem sains.
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) SD/MI
KELAS: IV
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu “Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,guru, dan tetangganya”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah; dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.
KOMPETENSI INTI 3
(PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
|
3.
Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain. |
4.
Menyajikan pengetahuan faktual
dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia. |
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1
Mengidentifikasi karakteristik ruang
dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi. |
4.1
Menyajikan hasil identifikasi
karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi. |
3.2
Mengidentifikasi keragaman sosial,
ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia; serta hubungannya dengan karakteristik ruang. |
4.2
Menyajikan hasil identifikasi
mengenai keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia; serta hubungannya dengan karakteristik ruang. |
3.3
Mengidentifikasi kegiatan ekonomi
dan hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan, serta kehidupan sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi. |
4.3
Menyajikan hasil identifikasi kegiatan
ekonomi dan hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan, serta kehidupan sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi. |
3.4
Mengidentifikasi kerajaan Hindu
dan/atau Buddha dan/atau Islam di lingkungan daerah setempat,serta pengaruhnya pada kehidupan masyarakat masa kini. |
4.4
Menyajikan hasil identifikasi kerajaan
Hindu dan/atau Buddha dan/atau Islam di lingkungan daerah setempat, serta pengaruhnya pada kehidupan masyarakat masa kini. |
Kami sediakan juga :
UNDUH KI DAN KD BAHASA INDONESIA KELAS 1, 2, 3, 4, 5, 6 SD/MI KURIKULUM 2013 SESUAI PERMENDIKBUD NOMOR 24 TAHUN 2016
DOWNLOAD KI DAN KD KURIKULUM 2013 SD/MI KELAS IV, V, VI
UNDUH CONTOH SK DAN PROGRAM EKSTRA KURIKULER PAI SD TAHUN PELAJARAN 2018/2019
KELAS : V
Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan di rumuskan sebagai berikut :
KOMPETENSI INTI 3
(PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dan
konseptual dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan di tempat bermain. |
4. Menyajikan
pengetahuan faktual
dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis, dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia. |
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1
Mengidentifikasi karakteristik
geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi, serta transportasi. |
4.1
Menyajikan hasil identifikasi
karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi, serta transportasi. |
3.2
Menganalisis bentuk bentuk interaksi
manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia. |
4.2
Menyajikan hasil analisis tentang
interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia. |
3.3
Menganalisis peran ekonomi dalam
upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa. |
4.3
Menyajikan hasil analisis tentang
peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa. |
3.4
Mengidentifikasi faktor-faktor penting
penyebab penjajahan bangsa Indonesia dan upaya bangsa Indonesia dalam mempertahankan kedaulatannya. |
4.4
Menyajikan hasil identifikasi
mengenai faktor-faktor penting penyebab penjajahan bangsa Indonesia dan upaya bangsa Indonesia dalam mempertahankan kedaulatannya. |
KELAS VI
unduh komptensi inti dan kompetensi dasar ilmu penetahual sosial (ips) sd/mi |
unduh komptensi inti dan kompetensi dasar ilmu pengetahuan sosial (ips) sd/mi
Demikianlah KI dan KD IPS SD/MI Kelas 4, 5, 6 Kurikulum 2013. Semoga bermanfaat untuk semua pengguna. Amiin
Comments
Post a Comment