unduh komptensi inti dan kompetensi dasar ilmu pengetahuan sosial (ips) sd/mi

KI dan KD kurikulum 2013 untuk mata pelajaran IPS di sekolah dasar dan madrasah ibtidaiyah (SD/MI) diberlakukan untuk kelas 4, 5, 6 tidak untuk kelas 1, 2, 3. Karena siswa kelas 1, 2, 3 masih belajar universal sedangkan untu mata pelajaran IPS ini sistem sains.

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) SD/MI

KELAS: IV
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.

Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu “Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,guru, dan tetangganya”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah; dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3. Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah dan
tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual
dalam bahasa yang jelas, sistematis
dan logis, dalam karya yang estetis,
dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman
dan berakhlak mulia.

KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang
dan pemanfaatan sumber daya alam
untuk kesejahteraan masyarakat dari
tingkat kota/kabupaten sampai
tingkat provinsi.
4.1 Menyajikan hasil identifikasi
karakteristik ruang dan pemanfaatan
sumber daya alam untuk
kesejahteraan masyarakat dari
tingkat kota/kabupaten sampai
tingkat provinsi.
3.2 Mengidentifikasi keragaman sosial,
ekonomi, budaya, etnis, dan agama di
provinsi setempat sebagai identitas
bangsa Indonesia; serta hubungannya
dengan karakteristik ruang.
4.2 Menyajikan hasil identifikasi
mengenai keragaman sosial, ekonomi,
budaya, etnis, dan agama di provinsi
setempat sebagai identitas bangsa
Indonesia; serta hubungannya dengan
karakteristik ruang.
3.3 Mengidentifikasi kegiatan ekonomi
dan hubungannya dengan berbagai
bidang pekerjaan, serta kehidupan
sosial dan budaya di lingkungan
sekitar sampai provinsi.
4.3 Menyajikan hasil identifikasi kegiatan
ekonomi dan hubungannya dengan
berbagai bidang pekerjaan, serta
kehidupan sosial dan budaya di
lingkungan sekitar sampai provinsi.
3.4 Mengidentifikasi kerajaan Hindu
dan/atau Buddha dan/atau Islam di
lingkungan daerah setempat,serta
pengaruhnya pada kehidupan
masyarakat masa kini.
4.4 Menyajikan hasil identifikasi kerajaan
Hindu dan/atau Buddha dan/atau
Islam di lingkungan daerah setempat,
serta pengaruhnya pada kehidupan
masyarakat masa kini.

Kami sediakan juga :
UNDUH KI DAN KD BAHASA INDONESIA KELAS 1, 2, 3, 4, 5, 6 SD/MI KURIKULUM 2013 SESUAI PERMENDIKBUD NOMOR 24 TAHUN 2016
DOWNLOAD KI DAN KD KURIKULUM 2013 SD/MI KELAS IV, V, VI
UNDUH CONTOH SK DAN PROGRAM EKSTRA KURIKULER PAI SD TAHUN PELAJARAN 2018/2019 
KELAS : V
Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan di rumuskan sebagai berikut :


KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3. Memahami pengetahuan faktual dan
konseptual dengan cara mengamati,
menanya, dan mencoba berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah dan
di tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual
dan konseptual dalam bahasa yang
jelas, sistematis, logis, dan kritis,
dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.


KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
3.1 Mengidentifikasi karakteristik
geografis Indonesia sebagai negara
kepulauan/maritim dan agraris serta
pengaruhnya terhadap kehidupan
ekonomi, sosial, budaya, komunikasi,
serta transportasi.
4.1 Menyajikan hasil identifikasi
karakteristik geografis Indonesia
sebagai negara kepulauan/maritim
dan agraris serta pengaruhnya
terhadap kehidupan ekonomi, sosial,
budaya, komunikasi, serta
transportasi.
3.2 Menganalisis bentuk bentuk interaksi
manusia dengan lingkungan dan
pengaruhnya terhadap pembangunan
sosial, budaya, dan ekonomi
masyarakat Indonesia.
4.2 Menyajikan hasil analisis tentang
interaksi manusia dengan lingkungan
dan pengaruhnya terhadap
pembangunan sosial, budaya, dan
ekonomi masyarakat Indonesia.
3.3 Menganalisis peran ekonomi dalam
upaya menyejahterakan kehidupan
masyarakat di bidang sosial dan
budaya untuk memperkuat kesatuan
dan persatuan bangsa.
4.3 Menyajikan hasil analisis tentang
peran ekonomi dalam upaya
menyejahterakan kehidupan
masyarakat di bidang sosial dan
budaya untuk memperkuat kesatuan
dan persatuan bangsa.
3.4 Mengidentifikasi faktor-faktor penting
penyebab penjajahan bangsa
Indonesia dan upaya bangsa
Indonesia dalam mempertahankan
kedaulatannya.
4.4 Menyajikan hasil identifikasi
mengenai faktor-faktor penting
penyebab penjajahan bangsa
Indonesia dan upaya bangsa
Indonesia dalam mempertahankan
kedaulatannya.

KELAS VI
unduh komptensi inti dan kompetensi dasar ilmu penetahual sosial (ips) sd/mi, https://bloggoeroe.blogspot.com/
unduh komptensi inti dan kompetensi dasar ilmu penetahual sosial (ips) sd/mi

unduh komptensi inti dan kompetensi dasar ilmu pengetahuan sosial (ips) sd/mi

Demikianlah KI dan KD IPS SD/MI Kelas 4, 5, 6 Kurikulum 2013. Semoga bermanfaat untuk semua pengguna. Amiin

Comments

Popular posts from this blog

KI KD BAHASA SUNDA KURIKULUM 2013 JENJANG SD, MI

Download Contoh Program Supervisi Kepala Sekolah SD Lengkap

DOWNLOAD BUKU AGENDA KEGIATAN KEPALA SEKOLAH