PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR (SD-KD) PJOK/PENJASOR SD/MI KELAS 1, 2, 3, 4, 5, 6 SEMESTER 1 DAN 2

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR (SD-KD) PJOK/PENJASOR SD/MI KELAS 1, 2, 3, 4, 5, 6 SEMESTER 1 DAN 2

Pemetaan SK-KD PJOK SD/MI Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 Semester 1 dan 2-https://bloggoeroe.blogspot.com/
Pemetaan SK-KD PJOK SD/MI Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 Semester 1 dan 2
Salah satu yang harus dilakukan oleh guru sebelum merancang sebuah pembelajaran adalah melakukan analisis terhadap standar isi. Ada tiga hal yang harus dianalisis yaitu analisis tujuan mata pelajaran, analisis ruang lingkup mata pelajaran, dan analisis SK dan KD mata pelajaran, yang selanjutnya memetakan, menetapkan indikator dan teknik penilaian.

Baca juga :

Download RPP Kelas 2 Semester 2 SD/MI Kurikulum 2013
Pedoman Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik/Siswa Oleh Pendidik/Guru
KEBIJAKAN BOS TAHUN 2019

Penetapan SK, KD harus dilakukan oleh guru memang sangat penting, agar tahu ara, maksud dan  ujuannya. Pemetaan ketiga hal tersebut sangat berperan terhadap tujuan yang ingin dicapai dimulai dari keruntutan pembelajaran hingga kriteria keberhasilan pembelajaran selain juga mempermudah guru untuk menilai dan mengevaluasi peserta didik.

Timbul pertanyaan.
Bagaimana memetakan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan? Bapak Ibu tidak perlu repot-repot. Kami akan membagikannya pada postingan kali ini secara lengkap mulai dari kelas 1 sampai kelas 6 Sekolah Dasar/Madrasah baik semester ganjil maupun semester genap.

Tujuan dari pembahasan yang dilakukan dalam artikel yang kami bagikan ini adalah mengungkap cara memetakan SK, KD dan indikator serta penetapan teknik penilaian. Tetapi itu terlalu luas, Cukup saja yang kita bahas yaitu Pemetaan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar (SD dan KD) untuk SD/MI lengkap semua Kelas dari kelas 1 sampai 6 semester 1 dan 2. 

Mari lihat dengan jelas di bawah ini.
Berikut adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan sampai tahapan penentuan dan pemetaan standar kompetensi, dan kompetensi dasar, serta indikator yang kam sajikan sudah jadi, tinggal baap ibu guru melakukan pengeditan untuk beberapa hal, misalnya. Nama Sekolah/Madrasah, Nama Guru, Nama Kepala Sekolah, dan yang lainnya kalau dianggap perlu.


File tersebut kami simpan pada tautan di bawah ini. Silahkan download melalui link yang tersedia.
Ada beberapa hal yang harus dilakukan sebelum menentukan dan memetakan SK, KD dan indikator. Setiap kompetensi dasar dapat dikembangkan menjadi dua atau lebih indikator pencapaian hasil belajar, hal ini sesuai dengan keluasan dan kedalaman kompetensi dasar tersebut.
Indikator merupakan ukuran, karakteristik, ciri-ciri, pembuatan atau proses yang berkontribusi/menunjukkan ketercapaian suatu kompetensi dasar. Indikator dirumuskan dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diukur, seperti: mengidentifikasi, menghitung, membedakan, menyimpulkan, menceritakan kembali, mempraktekkan, mendemonstrasikan, dan mendeskripsikan. Indikator pencapaian hasil belajar dikembangkan oleh guru dengan memperhatikan perkembangan dan kemampuan setiap peserta didik. Setiap kompetensi dasar dapat dikembangkan menjadi dua atau lebih indikator pencapaian hasil belajar, hal ini disesuaikan dengan keluasan dan kedalaman kompetensi dasar tersebut.

Comments

Popular posts from this blog

KI KD BAHASA SUNDA KURIKULUM 2013 JENJANG SD, MI

Download Contoh Program Supervisi Kepala Sekolah SD Lengkap

DOWNLOAD BUKU AGENDA KEGIATAN KEPALA SEKOLAH