SOAL LATIHAN DAN KUNCI JAWABAN UJIAN SEKOLAH IPA KELAS 6 SD/MI
Blog Goeroe - Sebagai latihan dalam menghadapi ujian sekolah, maka dari sekarang haruslah mempersiapkan diri untuk terus belajar dan mengerjakan contoh-contoh soal yang relevan dengan mata pelajaran yang akan diujikan. Diantara mata pelajaran yang diujikan nanti waktu ujian sekolah diantaranya yaitu mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Sama halnya, admin kali ini membuat soal latihan yang dilengkapi dengan kunci jawabannya, sehingga yang admin buat tidak sia-sia, melainkan mudah untuk mengecek pekerjaan. Artinya, apabila ananda jujur terhadap diri dendiri, silahkan kerjakan secara mandiri.
Pelajari :
Hasil pekerjaan ananda silahkan cocokan dengan kunci jawaban. Apabila belum ada yang benar, silahkan Ananda perbaiki lagi sehingga kebenarannya mencapai maksimal sesuai dengan harapan ananda.
SOAL LATIHAN UJIAN SEKOLAH SD/MI
PETUNJUK KHUSUS
Pilihlah Jawaban yang paling benar !
1. Ketam kenari atau ketam kelapa adalah hewan yang memiliki ciri khas untuk memperoleh makanannya. Hewan ini dilengkapi capit panjang yang fungsinya ....
A. memanjat pohon kelapa dan membantu memberi makan anaknya
B. melindungi diri dari hewan lain yang mengancam keselamatan
C. untuk alat mendeteksi keberadaan musuh dan alat keseimbangan
D. untuk mengupas kelapa agar memperoleh daging buah tersebut
A. memanjat pohon kelapa dan membantu memberi makan anaknya
B. melindungi diri dari hewan lain yang mengancam keselamatan
C. untuk alat mendeteksi keberadaan musuh dan alat keseimbangan
D. untuk mengupas kelapa agar memperoleh daging buah tersebut
2. Perhatikan tabel berikut !
Dasar pengelompokkan tumbuhan di atas berdasarkan ....
A. jenis akar
B. bentuk tulang daun
C. jenis batang D. cara berkembangbiak
A. jenis akar
B. bentuk tulang daun
C. jenis batang D. cara berkembangbiak
3. Ular dapat dimanfaatkan oleh petani. Salah satu cara yang benar dalam pemanfaatan hewan tersebut adalah ....
A. selalu menggunakan tas dan sabuk dari bahan kulit ular asli karena kuat dan awet
B. menjaga keberadaan populasi ular untuk membantu dalam membasmi tikus
C. mengambil bagian kulitnya untuk bahan obat-obatan tradisional dan medis
D. membuat penangkaran ular di tempat khusus sehingga keberadaan ular di sawah habis
4. Hewan penyu, rusa bertanduk, merak dan duyung keberadaannya perlu dilestarikan. Hal ini bertujuan …..
A. menjaga keseimbangan ekosistem sesuai komunitas hewan-hewan tersebut
B. agar hewan-hewan tersebut berkembang biak di komunitas yang berbeda
C. agar jumlah populasi hewan tersebut bertambah untuk diekspor ke Eropa
D. menjaga kestabilan harga bahan baku souvenir dari bagian hewan-hewan tersebut
A. menjaga keseimbangan ekosistem sesuai komunitas hewan-hewan tersebut
B. agar hewan-hewan tersebut berkembang biak di komunitas yang berbeda
C. agar jumlah populasi hewan tersebut bertambah untuk diekspor ke Eropa
D. menjaga kestabilan harga bahan baku souvenir dari bagian hewan-hewan tersebut
5. Perhatikan gambar di bawah ini !
A. P = bertelur dan Q = umbi akar
B. P = beranak dan Q = akar tingal
C. P = bertelur dan Q = stek batang
D. P = beranak dan Q = cangkok
6. Perhatikan gambar berikut !
Daur hidup kedua jenis hewan sesuai gambar di atas yang paling benar yaitu ....
7. Simbiosis parasitisme merupakan salah satu jenis hubungan antara makhluk hidup. Salah satu contoh hubungan tersebut adalah ….
A. sisa-sisa makanan ikan hiu dimakan oleh ikan remora
B. burung jalak yang memakan kutu di punggung kerbau
C. anggrek dan paku sarang menempel pada pohon lain
D. jenis cacing perut yang ada dalam lambung manusia
A. sisa-sisa makanan ikan hiu dimakan oleh ikan remora
B. burung jalak yang memakan kutu di punggung kerbau
C. anggrek dan paku sarang menempel pada pohon lain
D. jenis cacing perut yang ada dalam lambung manusia
8. Perhatiak skema rantai makanan pada gambar di bawah ini !
Peran komponen ekosistem dalam rantai makanan sesuai gambar di atas sebagai berikut :
9. Tumbuhan air yang mempunyai ukuran daun lebar dan perakaran yang panjang dapat dimanfaatkan oleh ikan sebagai ....
A. pengatur suhu
B. penghasil O2
C. tempat berlindung
D. sumber makanan
A. pengatur suhu
B. penghasil O2
C. tempat berlindung
D. sumber makanan
10. Kegiatan manusia dalam menggunakan pupuk buatan yang berlebihan akan mengakibatkan halhal yang mengganggu keseimbangan lingkungan.
Hal ini terjadi karena kelebihan pupuk yang terbawa air ke sungai atau danau menyebabkan ....
A. unsur hara dalam air sungai atau danau berkurang sehingga gulma, eceng gondok dan makhluk hidup lain di dasar sungai pertumbuhannya terganggu
B. gulma dan eceng gondok tumbuh subur menutupi permukaan sungai atau danau sehingga makhluk hidup dalam sungai tidak mendapat sinar matahari
C. unsur hara dalam air sungai atau danau bertambah sehingga gulma, eceng gondok dan makhluk hidup lain di dasar sungai pertumbuhannya terganggu
D. gulma dan eceng gondok semakin habis sehingga menutupi permukaan sungai atau danau sehingga makhluk hidup dalam sungai tidak mendapat sinar matahari
Hal ini terjadi karena kelebihan pupuk yang terbawa air ke sungai atau danau menyebabkan ....
A. unsur hara dalam air sungai atau danau berkurang sehingga gulma, eceng gondok dan makhluk hidup lain di dasar sungai pertumbuhannya terganggu
B. gulma dan eceng gondok tumbuh subur menutupi permukaan sungai atau danau sehingga makhluk hidup dalam sungai tidak mendapat sinar matahari
C. unsur hara dalam air sungai atau danau bertambah sehingga gulma, eceng gondok dan makhluk hidup lain di dasar sungai pertumbuhannya terganggu
D. gulma dan eceng gondok semakin habis sehingga menutupi permukaan sungai atau danau sehingga makhluk hidup dalam sungai tidak mendapat sinar matahari
11. Perhatikan gambar berikut !
Hewan mempunyai bentuk mulut seperti gambar di atas merupakan salah satu cara beradaptasi dengan lingkungan. Bentuk adaptasi tersebut bertujuan untuk ....
A. menusuk kulit manusia kemudian menghisap darah
B. menjilat makanan berupa nektar dari bunga
C. menyerap makanan terutama yang berbentuk cair
D. melindungi diri dari musuh yang mengganggu
A. menusuk kulit manusia kemudian menghisap darah
B. menjilat makanan berupa nektar dari bunga
C. menyerap makanan terutama yang berbentuk cair
D. melindungi diri dari musuh yang mengganggu
12. Pada batang tumbuhan dikotil terdapat jaringan yang aktif tumbuh yaitu jaringan kambium.
Jaringan kambium pada tanaman dikotil berperan dalam ....
A. pembesaran ukuran batang tumbuhan
B. sebagai tempat menyimpan cadangan makanan dan menyerap mineral
C. menyerap air dan mineral serta sebagai alat perkembangbiakan
D. sebagai tempat terjadinya proses asimilasi, oksidasi dan fotosintesis
Jaringan kambium pada tanaman dikotil berperan dalam ....
A. pembesaran ukuran batang tumbuhan
B. sebagai tempat menyimpan cadangan makanan dan menyerap mineral
C. menyerap air dan mineral serta sebagai alat perkembangbiakan
D. sebagai tempat terjadinya proses asimilasi, oksidasi dan fotosintesis
13. Perhatikan gambar berikut!
Bagian pada gambar yang bertanda X berfungsi untuk ....
A. menerima rangsang bunyi dan meneruskan ke bagian yang lebih dalam
B. menangkap getaran suara dan memperbesar getaran suara
A. menerima rangsang bunyi dan meneruskan ke bagian yang lebih dalam
B. menangkap getaran suara dan memperbesar getaran suara
C. melembabkan udara dan mengubah getaran bunyi menjadi signal-signal
D. mengubah impuls dan diteruskan ke otak
14. Proses pernapasan yang terjadi pada alat indera yang terdapat pada rongga hidung yaitu ….
A. pengikatan oksigen dan pelepasan karbondioksida
A. pengikatan oksigen dan pelepasan karbondioksida
B. menyaring udara kotor yang masuk rongga hidung oleh rambut hidung
C. menerima rangsang bau melalui saraf pembau untuk diteruskan ke otak
D. menghasilkan lendir untuk membunuh bibit penyakit yang masuk bersama udara
C. menerima rangsang bau melalui saraf pembau untuk diteruskan ke otak
D. menghasilkan lendir untuk membunuh bibit penyakit yang masuk bersama udara
15. Perhatikan gambar berikut!
16. dan seterusnya .......
KUNCI JAWABAN LATIHAN US IPA SD/MI
Untuk itu silahkan klik tautan secara lengkapnya ada pada unduhan berikut ini.
- UNDUH SOAL LATIHAN DAN KUNCI JAWABAN UJIAN SEKOLAH IPA KELAS 6 SD/MI
Dengan sering dan rajin belajar mengerjakan soal-soal latihan, pasti hasil ujiannya nanti akan mendapatkan nilai yang bagus. Berbeda dengan teman-teman di nun jauh sana yang tidak pernah belajar apalagi rajin dan tekun untuk ingin selalu menjadi tahu, akan mendapatkan nilai yang jelek.
Baca :
Itulah yang dapat disampaikan terkait soal latihan dan kunci jawaban Ujian Sekolah (US) pelajaran IPA untuk Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar/Madrasah.
Comments
Post a Comment