Contoh Jawaban LK 2 Analisis Unit Pembelajaran Diklat PKB Melalui PKP Berbasis Zonasi Tahun 2019
Hallo semua sahabat Guru di manapun berada, semoga semuanya dalam keadaan sehat walafiat, baik sehat roham maupun sehat jasmani, serta diberikan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa Rizki yang barokah. Sebagai langkah pembuka dalam artikel kali ini sedikit mengemukakan tentang Contoh Jawaban LK 2 Analisis Unit Pembelajaran Diklat PKB Melalui PKP Berbasis Zonasi Tahun 2019.
Pemerintah melalui Ditjen GTK berupaya mengadakan meningkatkan kualitas guru sebagai pendidik, pembimbing, kepada peserta didik yaitu dengan cara mengadakan Diklat PKB melalui PKP Berbasis Zonasi. Sekarang juga para peserta Pendidikan dan Pelatihan PKP mendapatkan Dana Bantuan dari Pemerintah yang disingkat dengan BanPem atau Bantah.
Pada kali ini admin membagikan tugas yang harus dikelrjakan oleh peserta diklat pkp yaitu Lembar Kerka 2 Analisis Unut Pembekajaran HOTS
Keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa penting untuk diketahui, karena dengan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa akan dapat menghubungkan, memanipulasi, dan mentransformasi pengetahuan serta pengalaman yang dimiliki dalam membuat keputusan untuk memecahkan masalah pada situasi baru. Dengan mengetahui bagaimana keterampilan berpikir tingkat tinggi yang dimiliki siswa guru dapat mengetahui siswa berada pada level/ tingkatan mana. Dengan demikian, guru sebagai pengajar dapat memanfaatkan informasi tersebut untuk memperbaiki proses kegiatan belajar mengajar dan dapat menggunakan informasi tersebut untuk menemukan solusi untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa.
Jalur yang terbaik untuk mengembangkan keterampilan HOTS adalah melalui jalur pendidikan formal. Pendidikan formal sampai saat ini masih cenderung melatih siswa sekedar menghafal fakta, sehingga kebanyakan siswa terhambat dan tidak berdaya menghadapi masalah-masalah yang menuntut pemikiran dan pemecahan masalah secara kreatif. Keterampilan siswa kurang mampu dalam menghubungkan konsep/materi pelajaran yang mereka pelajari dengan bagaimana pengetahuan tersebut dimanfaatkan masih banyak kita temukan dalam proses belajar-mengajar di sekolah.
Tugas LK2 Diklat PKB melalui PKP Berbasis Zonasi Tahun 2019 dengan lengkap kami sajikan Kunci Jawabannya, tetapi ini contoh saja, untuk mengembangkan jawabannya silahkan oleh secara mandiri oleh Bapak Ibu.
Silahkan ambil saja file di bawah ini.
Tersedia :
LK 2 Analisis Unit Pembelajaran
Nama Unit Pembelajaran :
Jenjang :
Unsur HOTS Pada Kegiatan Pembelajaran
LK-2b. Format Desain Pembelajaran
Berdasarkan Model Pembelajaran
Pemerintah melalui Ditjen GTK berupaya mengadakan meningkatkan kualitas guru sebagai pendidik, pembimbing, kepada peserta didik yaitu dengan cara mengadakan Diklat PKB melalui PKP Berbasis Zonasi. Sekarang juga para peserta Pendidikan dan Pelatihan PKP mendapatkan Dana Bantuan dari Pemerintah yang disingkat dengan BanPem atau Bantah.
Pada kali ini admin membagikan tugas yang harus dikelrjakan oleh peserta diklat pkp yaitu Lembar Kerka 2 Analisis Unut Pembekajaran HOTS
Keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa penting untuk diketahui, karena dengan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa akan dapat menghubungkan, memanipulasi, dan mentransformasi pengetahuan serta pengalaman yang dimiliki dalam membuat keputusan untuk memecahkan masalah pada situasi baru. Dengan mengetahui bagaimana keterampilan berpikir tingkat tinggi yang dimiliki siswa guru dapat mengetahui siswa berada pada level/ tingkatan mana. Dengan demikian, guru sebagai pengajar dapat memanfaatkan informasi tersebut untuk memperbaiki proses kegiatan belajar mengajar dan dapat menggunakan informasi tersebut untuk menemukan solusi untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa.
Jalur yang terbaik untuk mengembangkan keterampilan HOTS adalah melalui jalur pendidikan formal. Pendidikan formal sampai saat ini masih cenderung melatih siswa sekedar menghafal fakta, sehingga kebanyakan siswa terhambat dan tidak berdaya menghadapi masalah-masalah yang menuntut pemikiran dan pemecahan masalah secara kreatif. Keterampilan siswa kurang mampu dalam menghubungkan konsep/materi pelajaran yang mereka pelajari dengan bagaimana pengetahuan tersebut dimanfaatkan masih banyak kita temukan dalam proses belajar-mengajar di sekolah.
Tugas LK2 Diklat PKB melalui PKP Berbasis Zonasi Tahun 2019 dengan lengkap kami sajikan Kunci Jawabannya, tetapi ini contoh saja, untuk mengembangkan jawabannya silahkan oleh secara mandiri oleh Bapak Ibu.
Silahkan ambil saja file di bawah ini.
Tersedia :
Contoh Jawaban LK 1 Konsep HOTS Tugas Lembar Kerja dan Rubrik In 1 Diklat PKB Melalui PKP Berbasis Zonasi Tahun 2019
Selamat siang sahabat guru semua apalagi yang sedang melaksanakan Diklat PKB melalui PKP Berbasis Zonasi 2019. Pada kesempatan ka…Contoh Jawaban Tugas Penilaian Diri Guru Diklat PKB Melalui PKP Berbasis Zonasi 2019
Pada Diklat atau Pendidikan dan Pelatihan Pengembagan Keperofrsian Berkelanjutan (PKB) melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajara…
Sekilas Jawaban LK2 Analisis Unit Pembelajaran
Nama Unit Pembelajaran :
Jenjang :
Unsur HOTS Pada Kegiatan Pembelajaran
Unsur Keterampilan Abad 21 pada Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
LK-2b. Format Desain Pembelajaran
Berdasarkan Model Pembelajaran
Perumusan kegiatan dibagi ke dalam beberapa pertemuan,
disesuaikan dengan kebutuhan konten materi yang disajikan.
Tujuan Pembelajaran:
1.
Setelah melakukan pengamatan dan
menggali informasi dari berbagai sumber, siswa mampu mengaitkan ciri-ciri hewan
berdasarkan habitatnya
2.
Setelah berdiskusi, siswa mampu menyesuaikan
teks dengan ciri-ciri kalimat efektif pada materi ciri-ciri hewan dan
habitatnya.
3.
Setelah membuat diagram, siswa
mampu menuliskan analisis menggunakan unsur apa, di mana, kapan, siapa,
mengapa, dan bagaimana dengan menggunakan kalimat efektif
4.
Setelah membaca teks dan menggali
informasi dari berbagai sumber, siswa mampu menyajikan hasil pengamatan tentang
kaitan ciri-ciri hewan dan habitatnya melalui diagram
1.
Pertemuan/Pembelajaran Unit
Ke-1:
R-2. Rubrik Desain
Pembelajaran Berorientasi HOTS
Rubrik ini digunakan fasilitator untuk menilai hasil kerja
analisis KD, rumusan IPK, dan kegiatan pembelajaran sesuai model pembelajaran.
Langkah-langkah penilaian hasil kajian:
1.
Cermati tugas yang diberikan kepada peserta pembekalan
pada LK-2a, dan LK-2b!
2.
Berikan nilai berdasarkan penilaian anda terhadap hasil
kerja peserta sesuai rubrik berikut!
Kriteria Penilaian:
1.
Menuliskan
Unsur HOTS, Keterampilan Abad 21, dan penilaian pada analisis unit pembelajaran
1 dengan tepat.
2.
Menuliskan
Unsur HOTS, Keterampilan Abad 21, dan penilaian pada analisis unit pembelajaran
2 dengan tepat.
3.
Merumuskan kegiatan pembelajaran
sesuai IPK pengetahuan dan keterampilan hasil analisis unit ke dalam desain
pembelajaran unit ke-1 dan uniit ke-2 dengan tepat.
4.
Merumuskan sumber belajar sesuai
IPK pengetahuan dan keterampilan hasil analisis unit ke dalam desain
pembelajaran unit ke-1 dan unit ke-2 dengan tepat.
5.
Merumuskan penilaian sesuai IPK
pengetahuan dan keterampilan hasil analisis unit ke dalam desain pembelajaran
unit ke-1 dan unit ke-2 dengan tepat.
Rubrik Penilaian:
Nilai
|
Rubrik
|
90 < nilai £ 100
|
Lima aspek sesuai
dengan kriteria
|
80 < nilai £ 90
|
Empat aspek
sesuai dengan kriteria, satu aspek kurang sesuai
|
70 < nilai £ 80
|
Tiga aspek
sesuai dengan kriteria, dua aspek kurang sesuai
|
60 < nilai £ 70
|
Dua aspek sesuai dengan kriteria, tiga aspek kurang
sesuai
|
<60
|
Satu aspek sesuai dengan kriteria, empat aspek kurang
sesuai
|
Demikianlah yang dapat saya buat untuk sekedar contoh saja. Silahkan kembangkan oleh Bapak Ibu. Selamat Belajar.
Mantap gan
ReplyDeletemohon izin untuk download ya....semoga jadi amal baik
ReplyDelete