Unduh Paket Soal, Pembahasan dan Kunci Jawaban USBN Kelas VI SD/MI

Unduh Paket Soal, Pembahasan dan Kunci Jawaban USBN Kelas VI SD/MI

Paket Soal, Pembahasan dan Kunci Jawaban USBN Kelas VI SD/MI-https://bloggoeroe.blogspot.com/
Paket Soal, Pembahasan dan Kunci Jawaban USBN Kelas VI SD/MI
A. Berilah tanda silang (X) pada pilihan jawaban A, B, C, atau D yang paling tepat!
     Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 1−3!

Bunglon, Binatang yang Bisa Berubah Warna Bunglon adalah salah satu binatang yang unik. Binatang ini biasanya tinggal di pepohonan. Ia unik karena dapat mengubah warna kulitnya. Kemampuan ini disebut dengan mimikri. 

Bunglon bisa mengubah warna kulitnya sesuai dengan kondisi di sekitarnya. Kemampuan ini digunakan untuk melindungi diri dari musuh atau pemangsa. 

Bunglon memiliki kulit yang berlapis-lapis. Dalam lapisan teratas, terdapat pigmen warna yang bisa melebar dan mengecil. Ketika pigmen melebar, cahaya matahari akan dipantulkan sehingga bunglon pun berubah warna. Jika pigmen mengerut, bunglon akan menjadi kehitaman.

Terkadang, bunglon mengubah warnanya tidak sesuai dengan lingkungan sekitar. Hal ini karena bunglon juga terkadang mengubah warnanya sesuai kehendak hatinya. Saat marah, kecewa, atau perasaan negatif lainnya, bunglon akan mengubah warnanya menjadi lebih gelap. Sedangkan saat gembira atau positif, bunglon akan mengubah warnanya menjadi terang seperti kuning dan oranye.

LEVEL KOGNITIF: PENGETAHUAN DAN PEMAHAMAN
Indikator: Peserta didik dapat menggali informasi tersurat teks.
1. Bagaimana cara bunglon mengubah warna kulitnya?
    A. Dengan menyesuaikan warna di tempatnya berada.
    B. Dengan melebar atau mengecilkan pigmen di kulitnya.
    C. Dengan cara yang disebut mimikri.
    D. Dengan memantulkan sinar matahari.

LEVEL KOGNITIF: PENALARAN
Indikator: Peserta didik dapat memprediksi kejadian berdasarkan isi teks.
2. Apa warna yang kira-kira akan dikeluarkan bunglon ketika ia kalah dari perkelahian?
    A. Oranye
    B. Merah
    C. Kuning
    D. Hitam

LEVEL KOGNITIF: PENALARAN
Indikator: Peserta didik dapat melengkapi tabel dengan pokokpokok pikiran berdasarkan isi teks.
3. Berikut ini adalah tabel perubahan warna bunglon.
Isian yang tepat untuk melengkapi tabel tersebut adalah ....
A. (a) warna gelap; (b) warna terang
B. (a) warna terang; (b) warna gelap
C. (a) warna hitam; (b) warna kuning
D. (a) warna hijau; (b) warna cokelat

LEVEL KOGNITIF: PENGETAHUAN DAN PEMAHAMAN
Indikator: Peserta didik dapat menentukan sinonim.
4. Pada hari Minggu diadakan kerja bakti.
Siswa kelas VI dibagi menjadi dua kelompok.
Kelompok pertama membersihkan kelas, sedangkan kelompok kedua membersihkan halaman.
Persamaan kata bergaris bawah dalam kalimat tersebut adalah ....
A. kumpulan
B. regu
C. gugus
D. tim

LEVEL KOGNITIF: PENALARAN
Indikator: Peserta didik dapat membandingkan isi teks.
5. Perhatikan dua teks berikut!
Teks 1
Endah selalu saja memaki Hera.
Padahal Hera tidak pernah berbuat buruk pada Endah. Entah mengapa Endah begitu membenci Hera. Hera selalu tabah jika Endah tiba-tiba menjahili atau mengejeknya. Suatu hari, Endah terjatuh ketika pulang sekolah.
Hera yang melihat kejadian itu langsung menolongnya.
Teks 2
Sofy adalah anak yang sangat baik di kelas. Ia selalu menolong orang lain, terutama yang sedang membutuhkan. Ia tidak pernah membeda-bedakan. Ia berteman dengan siapa saja. Walaupun bukan anak yang paling pandai di kelas, Sofy sangat disukai oleh teman-temannya. Bahkan, guru-guru juga menyukainya.
Persamaan isi kedua teks tersebut adalah ....
A. menolong orang walaupun ia suka mengejek
B. disukai banyak orang karena suka menolong
C. berteman dengan siapa saja tanpa membeda-bedakan
D. menolong siapa saja yang sedang membutuhkan

LEVEL KOGNITIF: APLIKASI
Indikator: Peserta didik dapat menentukan pernyataan sesuai isi teks.
6. Bacalah paragraf berikut!
Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta mengadakan sosialisasi ke sekolah. Beliau mengatakan, sekolah harus mengedukasi siswanya agar tidak jajan sembarangan dan membuat kantin sehat di sekolah.
Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut yang tepat adalah ....
A. Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta seharusnya melakukan tindakan yang tegas pada yang melanggar.
B. Siswa yang jajan sembarangan seharusnya mendapatkan hukuman dari sekolah.
C. Program kebijakan Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta dapat menjadikan siswa lebih sehat.
D. Pembuatan kantin sehat di sekolah sebenarnya sangat merepotkan.

LEVEL KOGNITIF: PENGETAHUAN DAN PEMAHAMAN
Indikator: Peserta didik dapat menentukan makna kata.
7. Cermati paragraf berikut!
Besok pagi ada pelajaran menggambar.
Bu Intan memberikan instruksi untuk membawa buku gambar berukuran A3, pensil HB, dan pewarna.
Makna kata bergaris bawah dalam paragraf tersebut adalah ....
A. perintah
B. pelajaran
C. petunjuk
D. peraturan

LEVEL KOGNITIF: APLIKASI
Indikator: Peserta didik dapat menentukan pernyataan sesuai isi teks.
8. Perhatikan teks berikut!
Mengolah karangan memerlukan beberapa langkah. Setelah butir mutiara diambil dari dalam kerang, daging yang melekat pada bagian dalam cangkang dibuang, kemudian kerang dicuci, dan dikeringkan. Perajin juga ikut membuat pola model hiasan yang diinginkan. Pola ini ber fungsi sebagai cetakan untuk menggambar sketsa pada cangkang kerang.
Pernyataan yang sesuai dengan teks di atas adalah ....
A. Mengolah kerang hanya membutuhkan dua langkah saja.
B. Daging dalam cangkang tidak perlu dibuang untuk menghasilkan kerajinan.
C. Pembeli bisa ikut menentukan pola model hiasan yang diinginkan.
D. Untuk menggambar sketsa pada cangkang diperlukan pola sebagai cetakan

dst....

LEVEL KOGNITIF: APLIKASI
Indikator: Peserta didik dapat menggunakan tanda baca.
45. Perhatikan kalimat berikut!
Pelajari bentuk dan gaya yang digunakan oleh penyair-penyair terkenal supaya mengenal struktur, format, sajak dan unsur lain yang digunakan dalam menulis puisi.
Penggunaan tanda baca yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ....
A. tanda koma (,) setelah kata gaya
B. tanda koma (,) setelah kata terkenal
C. tanda koma (,) setelah kata mengenal
D. tanda koma (,) setelah kata sajak

B. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat!
Bacalah fabel berikut untuk menjawab soal nomor 46 dan 47!
Ketika memandangi anak-anaknya yang baru menetas, induk ayam bingung. Salah satu anaknya kecil sekali dibandingkan anak-anak yang lain.
Tetapi, ia tetap menyayanginya. Sekelompok anak ayam nakal sering mengejek ayam kecil itu.
Namun, anak ayam kecil tetap bahagia bersama keluarganya. Induk dan saudara-saudaranya selalu menjaganya.

LEVEL KOGNITIF: PENALARAN
Indikator: Peserta didik dapat menentukan keteladanan tokoh cerita.
46. Jelaskan keteladanan yang dapat diambil dari fabel tersebut!

LEVEL KOGNITIF: PENGETAHUAN DAN PEMAHAMAN
Indikator: Peserta didik dapat menentukan makna kata.

47. Jelaskan makna kata dari menetas!

LEVEL KOGNITIF: PENALARAN
Indikator: Peserta didik dapat memperbaiki tata kalimat dalam paragraf.

48. Perhatikan paragraf berikut!
Kelompok Anggrek Bulan mendapat tugas mengamati pasar ikan. Kegiatan tersebut dilaksanakan setelah pulang sekolah pada hari Jumat. Pasar yang diamati terletak di pinggir jalan. Mereka memperhatikan
para penjual-penjual meletakkan jualannya di dekat jalan raya. Akibatnya jalan macet, becek, dan bau.
Perbaikilah kalimat yang bercetak miring tersebut!

LEVEL KOGNITIF: APLIKASI
Indikator: Peserta didik dapat menentukan unsur intrinsik karya sastra berupa konflik.

49. Bacalah fabel berikut!
Binatang-binatang di hutan sedang memilih raja. Tiba-tiba Kera berteriak, “Manusia saja yang menjadi raja, ia kan sangat pandai”.
“Tidak mungkin,” jawab Tupai.
“Coba kalian semua perhatikan aku, aku mirip dengan manusia bukan? Maka akulah yang cocok menjadi raja,” ujar Kera.
Setelah melalui perundingan, penghuni hutan sepakat Kera menjadi raja yang baru.
Setelah diangkat menjadi raja, tingkah laku kera sama sekali tidak seperti raja. Kerjanya hanya bermalas-malasan sambil menyantap makanan yang lezat-lezat.
Jelaskan konflik yang terjadi pada fabel tersebut!

LEVEL KOGNITIF: PENGETAHUAN DAN PEMAHAMAN
Indikator: Peserta didik dapat melengkapi teks dengan peribahasa.

50. Bacalah paragraf berikut!
Guruku bernama Ibu Mutiara Dewi. Beliau berprofesi sebagai guru sudah 28 tahun.
Beliau pun sudah pernah mengajar di berbagai sekolah dari pedalaman sampai sekolah terkenal di kota. Berbagai kesulitan dan hambatan dalam mengajar pernah dialaminya. Pengalaman itu membuatnya mengajar dengan baik. (....)
Sebutkan peribahasa yang sesuai untuk menggambarkan teks tersebut!

PEMBAHASAN
Pembahasan dan Kunci Jawaban USBN Kelas VI SD/MI-https://bloggoeroe.blogspot.com/
Pembahasan dan Kunci Jawaban USBN Kelas VI SD/MI
BAHASA INDONESIA
A. Pilihan Ganda
1. Cara bunglon mengubah warna kulit adalah dengan melebar atau mengecilkan pigmen di kulitnya.
➠ Jawaban: B
2. Bunglon berubah warna menjadi gelap ketika kecewa. 
    Jadi, warna yang kira-kira akan dikeluarkan bunglon ketika ia kalah dari perkelahian adalah hitam.
➠ Jawaban: D
3. Isian yang tepat untuk melengkapi tabel tersebut adalah (a) warna gelap dan (b) warna terang.
➠ Jawaban: A
4. Persamaan kata “kelompok” dalam kalimat tersebut, yaitu tim.
➠ Jawaban: D
5. Persamaan teks dilihat dari inti informasi cerita.
    Persamaan kedua teks tersebut adalah menolong siapa saja yang sedang membutuhkan.
➠ Jawaban: D
6. Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut yang tepat adalah Program kebijakan Kepala  
    Dinas Pendidikan DKI Jakarta dapat menjadikan siswa lebih sehat.
➠ Jawaban: C
7. Makna kata “instruksi” dalam paragraf tersebut adalah perintah.
➠ Jawaban: A
8. Pernyataan yang sesuai dengan teks tersebut adalah Untuk menggambar sketsa pada cangkang
    diperlukan pola sebagai cetakan.
➠ Jawaban: D
9. Isi teks pidato tersebut adalah imbauan untuk berbakti kepada guru.
➠ Jawaban: C
10. Paragraf tersebut adalah paragraf cerita sehingga termasuk jenis narasi. 
      Paragraf narasi menceritakan kejadian berdasarkan urutan waktu.
➠ Jawaban: B
11. Kata yang tepat untuk melengkapi iklan tersebut
adalah toko elektronik terdekat.
➠ Jawaban: A
12. Kalimat utama paragraf tersebut adalah Antena panjang yang kadang melebihi tubuhnya menjadi
      ciri khas jenis kumbang ini.
➠ Jawaban: A
13. Gagasan utama adalah pikiran utama paragraf.
      Gagasan utama paragraf tersebut adalah peringatan hari Badak Sedunia.
➠ Jawaban: B
14. Pesan pantun yang tepat adalah anak yang rajin belajar bisa menjadi juara dan membuat orang tua
      bangga.
➠ Jawaban: C
15. Cara Katak mengantarkan Semut ke tanah seberang adalah dengan menggunakan daun teratai.
➠ Jawaban: B
16. Semut ingin ke tanah seberang karena diganggu oleh Rayap dan Belalang.
➠ Jawaban: B
17. Sifat Katak dalam teks drama tersebut adalah cerdik karena bisa berpikir cara untuk membawa
      semut tanpa kegelian.
➠ Jawaban: A
18. Amanat yang terkandung dalam teks drama tersebut adalah membantu orang yang kesusahan.
➠ Jawaban: A
19. Latar tempat adalah tempat terjadinya peristiwa.
      Latar tempat pada teks drama adalah di tepi telaga
44. Kata bentukan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah berkurang.
➠ Jawaban: C

45. Pelajari bentuk dan gaya yang digunakan oleh penyair-penyair terkenal supaya mengenal struktur, format, sajak(,) dan unsur lain yang digunakan dalam menulis puisi.
Penggunaan tanda baca yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah tanda koma (,) setelah kata sajak karena memisahkan rincian.
➠ Jawaban: D

B. Essay

46. Fabel tersebut bercerita tentang induk ayam yang tetap menyayangi anaknya walaupun ada salah
satu yang sangat kecil dibandingkan dengan yang lain. Jadi, keteladanan yang dapat diambil adalah menyayangi semua anak harus dengan rasa yang tulus dan tidak membeda-bedakan.

47. Makna kata dari menetas adalah pecah dan terbuka kulitnya (telur yang akan menjadi hewan).

48. Pada kalimat para penjual-penjual meletakkan jualannya di dekat jalan raya kurang efektif karena sudah ada kata para masih ada kata penjualpenjual (pemborosan kata). Penulisan yang tepat adalah para penjual meletakkan jualannya di dekat jalan raya.

49. Struktur fabel adalah orientasi atau perkenalan, komplik asi atau masalah, resolusi atau penyelesaian, dan koda atau perubahan sikap tokoh. Bagian komplikasi atau konflik pada fabel tersebut adalah Kera hanya bermalas-malasan saat menjadi raja.

50. Peribahasa yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah
      Banyak makan asam garam = banyak pengalaman hidup
      Banyak makan asam garam= banyak pengalaman hidup

Selengkapnya silahkan unduh di bawah ini.
Lihat :
Download LJUK LembarJawaban Komputer TryOut USBN SD/MI/SDLB Tahun Pelajaran 2018/2019
SOAL UJIAN SEKOLAH DAN KUNCI JAWABAN PKN KELAS VI (6) SD/MI 
Download Soal Latihan Ujian, Soal UN 2018, Soal Latihan UASBN Paket 1, 2, 3, 4 Lengkap Kunci Jawaban Untuk SD 
Demikianlah yang dapat kami sampaikan tentang paket soal, pembahasan dan kunci jawaban serta kami lengkapi pula dengan LJUK sebagai bahan latihan dalam menghadapi Ujian Sekolah Berstandar Nasional untuk Tingkat Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Semoga bermanfaat. 

Comments

Popular posts from this blog

KI KD BAHASA SUNDA KURIKULUM 2013 JENJANG SD, MI

Download Contoh Program Supervisi Kepala Sekolah SD Lengkap

DOWNLOAD BUKU AGENDA KEGIATAN KEPALA SEKOLAH